Tips Memilih Domain Secara Tepat

12 Jan

Tips Memilih Domain Secara Tepat

memilih domainPastinya Anda tidak ingin salah memilih nama domain mengingat domain ini akan menjadi identitas situs web Anda sepanjang masa. Anda juga tidak dapat menggantinya atau dengan konsekuensi akan kehilangan traffic. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih secara cermat sebelum mendaftarkan sebuah nama domain.

Pengertian Domain

Domain atau nama domain adalah sebuah nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi dari nama domain yakni untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka panjang atau yang disebut alamat IP.

Cara Memilih Domain Secara Tepat

Agar tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari, silakan simak beberapa tips memilih domain seperti diulas berikut ini:

1. Pilih Perusahaan Terpercaya

Ekstensi domain apapun yang ingin Anda pilih baik itu dot com, dot net, dot info, ataupun ekstensi yang lainnya, pertimbangan pertama adalah memilih provider yang sudah memiliki reputasi.

2. Pilih Nama Domain Yang Unik

Nama domain merupakan bagian dari brand bisnis Anda. Untuk itu, pastikan memilih nama domain yang unik agar benar-benar terkesan beda.

3. Singkat dan Mudah di Ingat

Jika memungkinkan, pilihlah nama domain sesingkat mungkin dan mudah diingat. Nama domain singkat terkesan lebih simple dan mengena daripada nama domain yang cukup panjang.

4. Mudah di Eja

Pastinya Anda ingin agar pengunjung website Anda dapat dengan mudah mengingat alamat website Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih nama domain yang mudah dieja. Contoh domain yang mudah dieja: hostingterbaikindonesia.web.id, wikipedia.org, wikihow.com.

5. Pilih Ekstensi Terpopuler

Tidak ada masalah jika Anda memilih ekstensi baru, tapi akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan ekstensi domain yang sudah umum, seperti dot com, dot net, dot info, dot co, atau dot org.

6. Mewakili Brand Anda

Ini bersifat opsional, namun dapat Anda jadikan pertimbangan jika memang memungkinkan. Relevansi nama domain dengan brand Anda dapat memberikan efek positif untuk website Anda.

Penutup

Pilihlah nama domain dengan pertimbangan yang matang karena merubah nama domain disaat website Anda sudah memiliki traffic berpotensi membuat Anda merugi. Demikian ulasan tips memilih nama domain secara tepat untuk kepentingan website dan branding Anda. Pastikan untuk tidak asal pilih agar kedepannya tidak terpikir untuk mengganti nama domain tersebut.

ByHosting Terbaik

Rekomendasi web hosting terbaik Indonesia dan review web hosting murah berkualitas untuk berbagai jenis website dengan fasilitas dan fitur terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *