Penyebab Blog Sepi Pengunjung

20 Aug

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

blog sepi pengunjungMerasa sudah menulis banyak artikel tapi blog masih sepi visitor? Penting untuk dipahami bahwa membangun traffic blog itu membutuhkan waktu dan usaha optimasi yang tepat. Memadati blog dengan banyak konten memang merupakan salah satu cara untuk mendatangkan traffic tapi hal tersebut masih belum cukup tanpa faktor pendukung lainnya.

Banyak aspek yang menjadikan suatu blog memiliki traffic tinggi mulai konten berkualitas, penerapan SEO on-page dan off-page yang baik serta berbagai aspek penunjang lainnya. Dibawah ini saya ulas beberapa penyebab blog sepi pengunjung yang diharapkan dapat memberikan masukan berguna bagi Anda.

Penyebab Blog Tidak Memiliki Traffic

Ada banyak sekali penyebab blog sepi pengunjung, namun pada umumnya hal tersebut disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Usia Domain Masih Baru

Usia domain merupakan salah satu materi penilaian utama dalam proses pemeringkatan oleh search engine. Artinya, semakin baru blog Anda, maka semakin kecil kemungkinan untuk bisa mendapat peringkat yang bagus di hasil penelusuran mesin pencari.

2. Template Tidak SEO Friendly

Template memiliki andil terhadap volume traffic Anda. Jika Anda menggunakan template dengan struktur yang tidak SEO friendly, maka SEO on-page blog Anda menjadi bermasalah. Ada banyak penyedia template gratisan diluar sana, pilihlah template yang memenuhi kriteria sebagai template SEO friendly.

3. Memilih Tema yang Kurang Populer

Memilih tema blog yang kurang populer pastinya akan menyebabkan blog Anda sepi pengunjung. Misalkan Anda mengusung tema dengan jumlah pencarian bulanan yang cukup sedikit sementara diluar sana ada banyak blog yang memiliki tema yang sama dengan blog Anda, hasilnya sudah pasti tidak mungkin bagi blog Anda untuk bisa mendapatkan traffic tinggi.

4. Artikel Tidak Bermutu

Jangan hanya berpikir soal traffic, tapi pikirkan tentang kualitas artikel yang Anda publish. Artikel berkualitas merupakan salah satu modal  untuk mendatangkan visitor ke blog Anda. Mesin pencari dapat mengidentifikasi artikel yang berkualitas dan sebaliknya. Produktif itu sangat perlu, tapi kualitas tetap harus menjadi prioritas.

5. Loading Blog Lambat

Penyebab blog sepi pengujung juga bisa dikarenakan loading blog yang sangat lambat. Loading blog lambat tidak hanya tidak bagus untuk pengunjung tetapi hal tersebut juga berimbas pada kualitas SEO blog Anda. Google lebih memprioritaskan website dengan waktu muat yang cepat dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

6. Tidak Memiliki Backlink

Link building merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung blog. Backlink adalah sebuah vote yang dapat mendongkrak posisi blog Anda di hasil penelurusan. Dapatkan backlink berkualitas yang relevan dengan konten website Anda. Yang perlu dicatat adalah, 1 backlink berkualitas lebih baik dari 100 backlink yang tidak berkualitas.

7. Ada Masalah dengan Hosting

Untuk blog self-hosted, sering kali penyebab blog sepi traffic dikarenakan adanya masalah pada server hosting. Jika server sering overload yang kemudian menyebabkan blog Anda lamban saat diakses atau bahkan down, maka kondisi ini akan berimbas pada reputasi blog Anda di hadapan search engine. Alhasil, traffic blog Anda sulit mengalami peningkatan karena teridentifikasi sebagai blog yang tidak bermutu. Gunakan web hosting terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan resources dan blog Anda.

8. Mengabaikan Pentingnya Sosial Media

Situs sosial media seperti Twitter dan Facebook sangat penting untuk membangun popularitas serta reputasi blog Anda. Google menggunakan lebih dari 200 indikator selama proses pemeringkatan yang mana satu diantaranya adalah indikator popularitas suatu blog di sistus sosial media. Sederhananya, semakin populer blog Anda di sosial media, maka semakin bagus pula reputasi blog Anda.

Penutup

Membangun traffic blog itu membutuhkan waktu, namun usia blog yang sudah bertahun-tahun sekalipun tidak menjadi ukuran blog tersebut akan ramai pengunjung jika berbagai aspek penting tidak diperhatikan oleh pemiliknya. Anda perlu memposting artikel berkualitas secara teratur, melakukan optimasi yang tepat, dan menghindari berbagai kegiatan yang justru akan merusak masa depan blog Anda, misalkan melakukan spamming.

ByHosting Terbaik

Rekomendasi web hosting terbaik Indonesia dan review web hosting murah berkualitas untuk berbagai jenis website dengan fasilitas dan fitur terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *