Pengertian Colocation Server

4 Jul

Pengertian Colocation Server

colocation serverKetika Anda hendak order layanan web hosting, Anda akan disuguhi banyak pilihan mulai shared hosting, VPS, deciated server, atau colocation server. Dan bagi Anda yang masih awam perihal web hosting, mungkin Anda masih kurang paham mengenai colocation server. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Colocation Server

Colocation Server adalah tempat yang menyediakan layanan untuk menyimpan server di Data Center yang memiliki standar keamanan fisik dan infrastuktur, seperti: stabilitas arus listrik, flooring, UPS, power generator, air temperature control, stabilitas akses internet, CCTV dan personnel security yang akan bekerja setiap hari dalam memantau server Anda. Biasanya server ini disimpan dalam kabinet atau rak.

Kelebihan Colocation

Keuntungan utama adalah biaya pada bandwidth. Server tunggal yang harganya sama dapat ditempatkan di fasilitas colocation yang menyediakan kecepatan bandwidth tinggi dan redudansi yang baik untuk koneksi jaringan.

Dari segi harga, colocation memiliki keuntungan lebih banyak dibandingkan dengan penyedia server tunggal.

Colocation memiliki fasilitas pemadaman yang cukup baik. Sebab penyedia colocation biasanya akan membayar pembangkit listrik maupun listrik cadangan supaya server terus terlindungi dan terhindar dari masalah seperti pemadaman listrik.

Untuk mesin yang terlampau lambat atau kapasitas memori yang sedikit, server-nya akan di upgrade. Selain itu, software untuk server tidak selamanya tergantung dengan penyedia hosting seandainya Anda ingin melakukan instalasi. Anda bahkan bisa meninggalkan server untuk berjalan sepanjang waktu dan jadi host untuk domain sendiri. Colocation server juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengelolaan dan pemeliharaan meskipun Anda tidak memiliki tim IT.

Kekurangan Colocation

Berbeda dengan penyedia hosting tunggal, jumlah agen colocation masih tergolong terbatas dan sulit ditemukan. Sehingga Anda perlu menemukannya di sekitar rumah atau kantor agar proses upgrade bisa dipermudah dan Anda bisa menjaga server-nya. Kemudian, meskipun terjangkau, ada sebagian colocation yang dibanderol dengan harga cukup mahal, terutama jika Anda mengelolanya sendirian. Anda bahkan harus membeli hardware apabila ingin meningkatkan server-nya.

Anda akan mendapatkan kesulitan saat mengakses server fisik dan mau tidak mau harus mengunjungi lokasi colocation. Jika Anda memutuskan pindah ke tempat colocation, Anda harus memindahkan server ke agen yang baru. Kekurangan lain yang akan Anda jumpai adalah di harga, karena colocation kerap mengalami fluktuasi harga. Selain itu, jumlah transferan data lewat server akan mempengaruhi tingkatan colocation server milik Anda.

ByHosting Terbaik

Rekomendasi web hosting terbaik Indonesia dan review web hosting murah berkualitas untuk berbagai jenis website dengan fasilitas dan fitur terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *