Beberapa Jenis Hosting Serta Kelebihan dan Kekurangannya

2 Oct

Beberapa Jenis Hosting Serta Kelebihan dan Kekurangannya

jenis-hostingHosting adalah sebuah layanan penyewaan tempat untuk menampung data-data suatu website. Dengan adanya layanan web hosting, maka seluruh website di internet dapat diakses dengan begitu mudahnya, seperti website yang sedang Anda akses saat ini. Website ini dapat Anda baca seluruh kontennya karena adanya server yang siap menampung semua data website ini.

Menyinggung tentang web hosting, sebenarnya layanan hosting terbagi menjadi beberapa macam. Adapun postingan ini akan mengulas secara ringkas mengenai jenis-jenis web hosting beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ulasan ini juga dapat memberikan Anda pemahaman yang cukup jika Anda berencana menggunakan layanan web hosting namun masih bingung dalam menentukan jenis hosting yang ingin Anda gunakan.

Jenis Web Hosting

Pada umumnya layanan hosting terbagi menjadi tiga macam, yaitu shared hosting, VPS hosting, dan dedicated server. Sebenarnya terdapat satu lagi jenis hosting, yaitu cloud hosting, namun tipe hosting yang satu ini hanya dibedakan dari sisi cara kerjanya, bukan jenisnya.

1. Shared Hosting

Server shared hosting ini digunakan bersama-sama dengan banyak pengguna lain sekaligus. Pengguna saling berbagi kapasitas server. Hak akses dan setting server terbatas, hal ini sudah ditentukan oleh pengelola server, yakni perusahaan penyedia hosting.

Shared hosting ini dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah yang didalamnya memiliki beberapa penghuni. Para penghuni rumah tersebut saling berbagi kapasitas server – Apabila ada salah satu pengguna yang menggunakan dapur terlalu lama, maka akan berpotensi mengganggu aktifitas penghuni yang lain.

Shared Hosting memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Shared Hosting:

Biaya sewa shared hosting lebih murah dibanding layanan VPS atau dedicated server. Lebih mudah dan praktis, karena pengguna  tidak perlu setting server sendiri, server sudah di setting oleh penyedia hosting.

Kekurangan Shared Hosting:

Karena harus berbagi kapasitas server , maka jika ada salah satu pengguna yang menyebabkan overload atau gangguan pada server, maka pengguna lain bisa terkena dampaknya.

2. VPS (Virtual Private Server)

VPS ini merupakan satu server hosting yang dibagi menjadi beberapa server virtual yang difungsikan sebagai server hosting sendiri-sendiri.

Pengguna VPS mendapatkan akses root dan memiliki wewenang penuh untuk melakukan setting terhadap layanan VPS yang ia gunakan.

Seperti halnya shared hosting, VPS juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan VPS:

  • Harga lebih murah dari dedicated server.
  • Pengguna bisa melakukan custom.
  • Memiliki akses root server.
  • Pada VPS Managed, pengguna akan dibantu team support penyedia hosting.

Kekurangan VPS :

  • Pengguna harus memiliki pengetahuan tentang server.
  • Biaya lebih mahal dari shared hosting.
  • Untuk VPS Unmanaged, pengguna harus menginstall control panel sendiri.

3. Dedicated Server

Dedicated Server merupakan satu fisik server dimana pengguna memiliki hak akses dan wewenang penuh atas penggunaan dan pengelolaan server tersebut.

Adapun kelebihan dan kekurangan Dedicated Server diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Dedicated Server:

  • Memiliki hak ases penuh terhadap server
  • Full resources untuk server Anda sendiri
  • Kontrol penuh atas server

Kekurangan Dedicated Server:

  • Menuntut Anda untuk memiliki pengetahuan atas server dan sistem operasi
  • Biaya lebih mahal dibandingkan layanan VPS

Kesimpulan

Memilih layanan hosting yang tepat adalah menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan hosting website Anda. Jika Anda berencana membuat website berskala kecil-sedang, Anda dapat menggunakan shared hosting. Sementara itu, apabila website Anda membutuhkan resource yang lebih besar, maka Anda dapat menggunakan VPS atau dedicated server.

Rekomendasi Hosting Terbaik Lokal

Dan bagi Anda yang berencana order layanan hosting untuk persiapan pembuatan website Anda, berikut ini adalah perusahaan hosting terbaik di Indonesia yang saya rekomendasikan.

Untuk layanan Shared Hosting, saya merekomendasikan Niagahoster.co.id

Untuk layanan VPS atau Dedicated Sever rekomendasi saya adalah Ardetamedia.com

ByHosting Terbaik

Rekomendasi web hosting terbaik Indonesia dan review web hosting murah berkualitas untuk berbagai jenis website dengan fasilitas dan fitur terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *