Cara Membuat Blog WordPress

10 Aug

Cara Membuat Blog WordPress

Blog merupakan sebuah media daring yang memungkinkan Anda untuk menyalurkan berbagai hal, mulai hobi, karya tulis, hingga mendapatkan penghasilan secara online. Seiring perjalanannya, saat ini blog telah menjelma sebagai salah satu media online terpopuler yang sangat diganderungi.

Untuk dapat memiliki blog, pada dasarnya Anda akan disuguhi banyak pilihan. Anda dapat menggunakan platform gratisan seperti Blogger, WordPress, atau membuat blog secara mandiri dengan menyewa layanan hosting sendiri. Jika sudah memiliki hosting, selanjutnya Anda dapat memilih CMS WordPress, Joomla, atau Drupal untuk mulai membangun blog pertama Anda.

Mengenal CMS WordPress

WordPress merupakan CMS terpopuler sejak berpuluh tahun lalu hingga sekarang. Pengguna WordPress menyebar diberbagai negara dengan skala blog ataupun website yang cukup beragam. CMS WordPress digunakan oleh kalangan pemula, experts, hingga website berskala besar.

WordPress menawarkan berbagai keunggulan dan kemudahan. User friendly, mudah digunakan, kaya fitur, dan diberbadayai berbagai macam plugin yang dapat memudahkan penggunanya untuk membuat sebuah situs web yang powerful. Tidak mengherankan jika WordPress merupakan pilihan terbaik bagi sebagian orang.

Persiapan Membuat Blog di WordPress

Disini perlu dipahami bahwa WordPress ada dua varian, yakni WordPress gratisan (wordpress.com) dan WordPress berbayar (wordpress.org). Berbayar yang dimaksudkan disini adalah mengharuskan pengguna untuk menyiapkan layanan web hosting – jadi, untuk penggunaan CMS WordPress tetap gratis.

Untuk dapat membuat blog WordPress self hosting (dengan menyewa hosting sendiri), maka beberapa persiapan atau tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Menyewa layanan web hosting
  2. Membeli nama domain
  3. Menginstall CMS WordPress melalui cPanel web hosting

Layanan Web Hosting Terbaik Lokal

Perlu dicatat, bahwa memilih layanan hosting merupakan sebuah keputusan krusial. Mengapa saya katakan krusial? Hosting merupakan salah satu penentu performa blog atau website WordPress Anda. Kinerja server harus optimal agar blog Anda selalu dapat diakses secara normal dalam kondisi apapun. Oleh karenanya, sangat penting untuk memilih layanan web host terbaik yang menawarkan kualitas.

Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia

  1. Niagahoster.co.id
  2. Ardetamedia.com
  3. Nusantarahost.com
  4. DomaiNesia.com
  5. Ziehost.com

Membeli Nama Domain

Apa itu domain? Domain dalam pemahaman yang sederhana adalah alamat blog Anda. Cth: hostingterbaikindonesia.web.id

Anda dapat membeli nama domain pada domain registrar, baik registrar luar maupun dalam negeri. Namun, jika Anda sudah menyewa paket hosting untuk kelas tertentu umumnya Anda akan mendapatkan satu nama domain gratis, seperti paket Personal Niagahoster yang mana klien akan mendapatkan nama domain dan SSL gratis.

Baca: Tips Memilih Domain Secara Tepat

Menginstall CMS WordPress

Selanjutnya, jika layanan web hosting yang Anda beli sudah dalam keadaan aktif, tugas Anda berikutnya adalah menginstall WordPress melalui cPanel hosting. Cara install WordPress lewat cPanel hosting ini jauh lebih mudah dan cepat katimbang Anda memilih opsi install WordPress secara manual.

Dibawah ini dijelaskan langkah-langkah untuk membuat blog dengan platform WordPress secara mudah – langsung dari cPanel.

Panduan Membuat Blog WordPress

Step 1: Install WordPress

#1. Silakan masuk ke cPanel akun hosting Anda, lalu pilih menu dengan gambar icon WordPress.

membuat blog wordpress

#2. Selanjutnya silakan di klik tombol Install Now.

install wordpress

#3. Pada bidang Software Setup, Anda akan melihat tiga kolom yang bisa Anda pilih untuk menentukan blog mana yang ingin Anda install CMS WordPress.

wordpress self hosting

  • Choose Protocol – Silakan pilih http:// atau http://www. Dan apabila Anda sudah menginstal SSL di domain, maka silakan pilih https:// atau https://www.
  • Choose Domain – Apabila Anda memiliki lebih dari satu domain, pada bagian ini silakan pilih nama domain yang ingin Anda install WordPress.
  • In Directory – Tujuan direktori yang akan di install WordPress, jika Anda ingin menginstalnya di domain utama, maka bidang tersebut silakan di kosongkan.

#4. Pada bidang Site Settings, Anda dapat mengisi nama blog pada kolom Site Name dan deskripsi blog pada kolom bagian Site Description.

 

panduan membuat blog

#5. Pada bagian Admin Account, terdapat kolom untuk mengisi username dan password yang nantinya akan Anda gunakan untuk masuk ke dashboard admin WordPress. Silakan isi Admin Email dengan alamat email aktif yang dapat Anda gunakan jika lupa password.

blog wordpress

#6. Jika Anda ingin dashboard admin WordPress nantinya menggunakan bahasa Indonesia, silakan memilih bahasa Indonesia pada bagian Choose Language.

tutorial membuat blog

#7. Pada bagian Advance Options dan Select Theme biarkan secara default, kemudian klik tombol Install untuk memulai proses instalasi WordPress.

tutorial install wordpress

Step 2: Mengecek Hasil Instalasi WordPress

#1. Jika proses instalasi WordPress sudah selesai, Anda akan melihat pesan sukses seperti gambar berikut ini.

blog wp

#2. Anda bisa masuk ke dashboard WordPress dengan mengakses http://namadomainanda.web.id/wp-admin. Silakan gunakan username dan password sesuai pada saat Anda melakukan instalasi WordPress sebelumnya.

login wordpress

#3. Tampilan dashboard WordPress

wordpress blog

Penutup

Demikian tutorial membuat blog di WordPress dengan hosting sendiri. Dengan adanya fitur auto installer yang tersedia di cPanel akun hosting, kini pembuatan blog WordPress dapat dilakukan dengan lebih cepat dan sangat mudah.

Setelah blog Anda selesai dibuat, selanjutnya Anda dapat mengisinya dengan berbagai postingan sesuai dengan tema yang sudah Anda pilih.

ByHosting Terbaik

Rekomendasi web hosting terbaik Indonesia dan review web hosting murah berkualitas untuk berbagai jenis website dengan fasilitas dan fitur terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *