Cara Mempercepat WordPress

6 Nov

Cara Mempercepat WordPress

mempercepat wordpressKecepatan waktu muat merupakan salah satu hal yang sangat prioritas untuk proses pengembangan suatu website. Website yang lamban tidak hanya kurang bagus dari sisi SEO, tetapi juga berpotensi mengurangi rasio konversi. Jika Anda mendapati situs web Anda memiliki waktu muat yang tergolong lambat, maka sudah semestinya bagi Anda untuk segera mengatasi permasalahan tersebut.

WordPress merupakan platform terpopuler di masa sekarang ini. CMS WordPress tidak hanya digunakan oleh website berskala kecil-sedang, tetapi ada sekian banyak website besar diluar sana yang dibangun menggunakan CMS yang satu ini. Sederet keunggulan yang ditawarkan WordPress tampaknya sulit untuk “berpaling” dari CMS open source ini.

Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress

Untuk Anda para pengguna WordPress yang menyadari tingkat kecepatan loading blog atau website WordPress Anda masih perlu ditingkatkan, berikut ini saya ulas beberapa kiat untuk mempercepat loading blog WordPress self hosting.

1. Batasi penggunaan plugin

Salah satu kemudahan menggunakan WordPress adalah banyaknya plugin yang bisa kita gunakan secara gratis. Namun demikian, sebaiknya Anda membatasi penggunaan plugin khususnya plugin yang kurang penting. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kecepatan website Anda.

2. Gunakan web hosting berkualitas

Jika kinerja server hosting blog Anda bermasalah, maka loading blog Anda akan selalu berat, bahkan gagal diakses. Anda dapat mengecek uptime website Anda untuk memastikan kinerja server dalam kondisi normal. Jika uptime blog buruk, maka sebaiknya Anda segera ganti layanan hosting.

Baca: Web Hosting Terbaik Indonesia

3. Lakukan update secara berkala

Sebagai platform open source, WordPress cukup sering melakukan update. Tiap update tidak hanya menawarkan fitur baru, tapi juga memperbaiki masalah keamanan dan bug. Tema dan plugin WordPress Anda sebaiknya dilakukan update secara teratur.

4. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Pengguna di lokasi berbeda bisa menyebabkan waktu loading yang berbeda. Ini karena lokasi server web hosting Anda memberi dampak pada kecepatan situs. Misalnya, perusahaan web hosting Anda memiliki server di Amerika. Pengunjung yang berlokasi di Amerika akan mengalami waktu laoding yang lebih cepat dibanding pengunjung di Asia.

5. Gunakan theme yang di optimasi

Ketika memilih tema WordPress untuk website Anda, sebaiknya diperhatikan optimasi kecepatannya. Beberapa tema dengan tampilan menarik tidak jarang justru akan memperlambat situs Anda. Jika tidak ada tuntutan, sebaiknya gunakan theme yang sederhana karena theme sederhana umumnya memiliki waktu muat yang lebih baik.

6. Kompres gambar berukuran besar

Sebelum Anda mengunggah file gambar berukuran besar ke website Anda, ada baiknya Anda kompres terlebih dahulu gambar tersebut. Semakin besar ukuran gambar yang Anda unggah maka akan semakin lambat pula waktu untuk memuat gambar tersebut. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan kompresi terlebih dulu.

7. Hindari upload video secara langsung

Tentu Anda mengupload video ke situs WordPress milik Anda secara langsung, dan ia secara otomatis akan muncul di HTML5 player. Tapi Anda perlu menghindarinya. Hal ini akan mempengaruhi bandwidth Anda. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan layanan video hosting seperti YouTube atau situs video hosting lainnya.

ByHosting Terbaik

Rekomendasi web hosting terbaik Indonesia dan review web hosting murah berkualitas untuk berbagai jenis website dengan fasilitas dan fitur terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *